Yuk, Membuat Aplikasi



Saya menjadi pegiat aplikasi web sejak pertengahan tahun 2014. Semua berawal dari "racun" yang ditularkan junior sekaligus mentor saya di kantor. Semenjak saat itu saya menggeluti HTML, PHP, database MySQL dan framework CSS yaitu Twitter Bootstrap. Semenjak saat itu pula saya mulai mencoba membuat beberapa aplikasi untuk membantu pekerjaan di lingkungan kerja saya.
Seiring waktu saya menarik beberapa kesimpulan. Diantaranya mengenai apa tujuan dari membuat sebuah aplikasi. Kebanyakan aplikasi yang saya buat adalah perubahan wujud dari pekerjaan yang sifatnya manual dan memakai kertas menjadi otomatis dan tidak lagi menggunakan kertas. Itu baru segelintir hal yang berubah. Namun secara umum ada tiga tujuan yang lebih utama dari membangun sebuah aplikasi, yaitu :

Lebih Mudah


Saat kita memakai aplikasi dalam menyelesaikan pekerjaan artinya kita mengubah cara ataupun pola kerja. Seringkali akan timbul pro dan kontra dari perubahan cara kerja. Bila pro maka tidak akan jadi masalah. Lain halnya bila kontra. Maka dari itu perlu dipertimbangkan dalam mengembangkan sebuah aplikasi apakah dengan memakai aplikasi ini pekerjaan akan lebih mudah. Intinya dengan memakai aplikasi maka hal yang ingin diraih akan mudah didapat. Siapa sih yang tidak ingin dimudahkan?

Lebih Cepat

Hal ini sejalan dengan tujuan sebelumnya. Saat suatu pekerjaan dengan mudah diselesaikan maka kita bisa menyelesaikan pekerjaan lebih banyak. Artinya kita bekerja lebih cepat. Pemangku kepentingan pun pasti akan puas bila kita bekerja lebih cepat.

Lebih Murah

Berbicara tentang hal ini tidak jauh-jauh dari penghematan penggunaan sumber daya dalam rangka mendapatkan sesuatu. Diharapkan dengan pemakaian aplikasi bisa menghemat penggunaan sumber daya. Penghematan sumber daya artinya penghematan uang. Penghematan uang bisa terwujud saat kita bisa memperoleh tujuan dengan lebih murah.

Ada yang memiliki pemikiran lain tentang tujuan membuat aplikasi? Mari diskusi di kolom komentar dibawah.

sumber foto : pexels

Komentar

Posting Komentar