I DON'T AGE, I JUST LEVEL UP

Beberapa waktu lalu saya sempat mengalami suatu masa dimana saya merasa terancam dengan kehadiran generasi-generasi baru di tempat saya bekerja. Mereka memiliki kapasitas dan performa yang bagus. Saat itu saya merasa terusik dengan keberadaan dan prestasi mereka. Sampai-sampai saya merasa bahwa masa saya sudah lewat, sehingga saya sudah saatnya menepi dan menyepi.
 Beruntung anak saya mengajak untuk menonton film animasi berjudul Cars 3. Film yang merupakan lanjutan dari Cars dan Cars 2. Saya tidak menyangka akan mendapat jawaban atas krisis yang saya alami dengan menonton film itu. Dalam film itu diceritakan bahwa McQueen (mobil yang menjadi tokoh utama) mengalami masa dimana dia merasa tidak mampu bersaing dengan mobil-mobil muda di arena balap yang selama ini selalu dia menangi, bahkan dengan mudah. Singkat cerita, McQueen mendapati bahwa sudah saatnya bagi dia bukan untuk mundur, namun mengambil peran lain dalam arena balap yaitu menjadi mentor. Ya, di akhir cerita McQueen memutuskan untuk memberi kesempatan mobil muda untuk berkiprah sedangkan dia memilih berada di belakang dengan cara menjadi mentor. McQueen naik level.
Experience never gets old. Menjadi seorang mentor membutuhkan modal, salah satunya adalah pengalaman. Pribadi yang dimentori memang memiliki potensi dan kapasitas yang bisa menjadi modal untuk bersaing. Namun kadang hal itu tidak disadari sehingga dibutuhkan seorang mentor yang dengan pengalamannya bisa menggali dan mengoptimalkan potensi serta kapasitas yang dimentorinya. Pengalamanlah yang menjadi nilai lebih seorang mentor. So, perbanyaklah pengalaman.
Dalam satu sekuel Terminator ada dialog yang saya kutip. "I'm old but i'm not obsolete". Kurang lebih seperti itu. Menjadi tua itu suatu hal yang wajar. Namun jangan sampai dengan menjadi tua menjadikan kita usang, tidak terpakai, terbuang. Cara yang bisa ditempuh diantaranya dengan selalu beradaptasi dengan hal baru, terus belajar, menambah pengalaman dan naik level. Jadi, jangan takut menjadi tua, tetapi takutlah menjadi usang.
Rujukan film :
- Cars 3
- The Intern
- Terminator Genisys
Foto : sirrohmad
T-shirt : unicorn_toys

Komentar